BPR-BPRS merupakan Bank milik Anak Negeri yang telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 30 tahun dan masih tetap tumbuh serta eksis. Industri BPR – BPRS merupakan industri yang tangguh dalam menghadapi gelombang ekonomi, industri BPR sejak berdiri dan bermunculan pada tahun 1988 (sebagai respon kebijakan Pakto 88), telah menghadapi pasang surut dalam industri keuangan di Negeri ini. Pun Ketika terjadinya wabah Covid 19, BPR-BPRS masih menunjukkan pertumbuhan walaupun agak melambat. Hal tersebut menunjukkan bahwa BPR mampu bersaing dengan Lembaga Jasa Keuangan lain seiring dengan meningkatnya pemahaman (awareness) dan penerimaan masyarakat umum, regulator dan pemerintah terhadap keberadaan BPR – BPRS di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.
BPR-BPRS merupakan bagian dari Lembaga intermediasi yang memiliki keunikan tersendiri, dimana BPR memiliki kedekatan dengan masyarakat terutama para pelaku UMKM. Dimana BPR mampu menjadi mitra strategis bagi para pelaku UMKM. hal tersebut dikarenakan BPR mampu menjawab kebutuhan para pelaku UMKM melalui produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai, antara lain proses kredit yang mudah, cepat dan sederhana, simpanan berupa tabungan dan deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), pick up service dan lain-lain, sehingga dengan bermitra dengan BPR-BPRS lebih menguntungkan dan membawa berkah.
Semoga dengan momentum peringatan hari BPR-BPRS tahun ke-5 ini pelaku industri BPR-BPR mampu meningkatkan keberadaan, kiprah, peran dan manfaat dalam mendorong tumbuh dan berkembangnya perekonomian Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera.

SELAMAT HARI BPR-BPRS NASIONAL 2022